Top Artikel

  • Puruk Cahu Smura FM,- Geliat program 100 hari Bupati dan…
  • Mantan asisten pribadi artis Nikita Mirzani, Krisdiantoro alias Krisna, menyatakan…
  • Artis peran sekaligus penyanyi dan model Cinta Ratu Nansya (23)…

Daerah

Published in Daerah

MURUNG RAYA PROGRAM LAUNCHING KARTU MURA SEHAT DAN MURA CERDAS 1 OKTOBER MENDATANG

Oct 31, 2013 Hit: 892
MURUNG RAYA PROGRAM LAUNCHING KARTU MURA SEHAT  DAN MURA CERDAS 1 OKTOBER MENDATANG

Puruk Cahu Smura FM,- Geliat program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya 2013-2018 mulai berjalan. Bertempat di Radio Swara Murung Raya, 2 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) memamparkan secara detail mengenai mekanisme peluncuran pruduk hukum yang sudah di perdakan ini. Rencananya (1/10) mendatang kartu Mura sehat dan kartu Mura Cerdas akan segera di louncing secara bersamaan kepada masyarakat.

Kartu sehat dan kartu cerdas pada peluncurannya adalah wujud dari realisasi dari gagasan brilian dari Bupati dan Wakil Bupati saat Pemilukada lalu yang sudah mendapat persetujuan dan dukungan dari pemerintah pusat dan pihak DPRD Mura dengan berpijak pada UU no 47 tahun 2007 sebagai acuan. Diharapkan dalam pelaksanaannya kedepan akan memberikan dampak dengan meningkatnya mutu kesehatan dan pendidikan di Kabupaten Murung Raya.

Saat di interview di radio Smura FM Plt. Kepala Dinas Pendidikan Murung Raya Drs. Soeharto menjelaskan berdasarkan visi dan misi Dinas pendidikan Mura yang selaras dengan visi dan misi dari Kabupaten Murung Raya tahun 2013-1018 yaitu terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan bermartabat dengan berbasis pada pembangunan pedasaan Mura menuju Mura Emas 2030. Maka berdasarkan acuan tersebut maka Dinas Pendidikan Mura mewujudkan visi Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya tersebut dalam Visi Disdik Mura yaitu terwujudnya pelayanan pembangunan yang bermutu dan terjangkau bagi masyarakat Mura dengan berbasis pada kearifan lokal. Sebagai wujud realisasi dari visi tersebut maka Disdik Mura akan segera melounching kartu Mura Cerdas tersebut pada (1/10) mendatang jelasnya. Kartu Mura Cerdas tersebut akan segera di distribusikan, dan pendistribusian mengikuti data siswa dara 10 kecamatan dan 115 desa yang telah terekam di Dinas Pendidikan Mura.

Lebih lanjut Soeharto menjelaskan kartu Mura Cerdas akan di berikan kepada siswa SD, SMP, dan SMU dengan dua kreteria yaitu Kartu Cerdas Gold di peruntukan kepada siswa yang berprestasi dan Kartu Mura Cerdas silver kepada siswa yang kurang mampu dengan nilai besaran nominal yang sama. Soeharto juga menambahkan dengan di gulirkannya kartu Mura Cerdas angka putus sekolah di Mura pada anak usia sekolah tidak akan di temukan lagi di Mura kedepannya. Selain terobosan melalui kartu Mura cerdas peningkatan infrastruktur pendidikan juga akan menjadi agenda penting yang akan di laksanakan Dinas Pendidikan dalam beberapa tahun mendatang.

Semetara itu Kepala Dinas Kesehatan Mura dr.Suria Siri yang hadir pada program bertajuk “Dialog interaktif menuju 100 hari program Bupati dan Wakil Bupati priode 2013-2018” tersebut mengatakan, dalam mewujudkan Mura Emas 2030 hal yang paling mendasar adalah harus sehatnya masyarakat Mura terlebih dahulu. Sehat adalah hak dasar seluruh masyarakat dengan jaminan kesehatan, maka seluruh aspek dalam kehidupan akan berjalan. Dinas Kesehatan Mura seiring dengan visi dan misi Mura 2013 – 2018 serta sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Kalteng yaitu Kalteng Barigas (Sehat) menindak lanjutinya dengan meluncurkan Kartu Sehat kepada masyarakat Mura. Sama seperti Program Mura Cerdas , Program Mura Sehat yang penyempurnaannya di sempunakan dalam bentuk kartu Mura Sehat, adalah bentuk jaminan pemerintah daerah untuk memenuhi hak dasar dari masyarakat. Wujud dari perhatian pemerintah daerah melewati program Kartu sehat ini di harapkan dapat mempermudah masyarakat Mura memperoleh akses berobat sampai RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Puruk Cahu. Hanya saja kartu Mura sehat mampu melayani perawatan hanya kelas III.

Untuk pelayanan kesehatan lanjut Suria Siri, kartu Mura Sehat akan menjamin pengobatan bagi masyarakat Mura yang mengalami gangguan kesehatan secara geratis di Puskesmas dan postu yang ada di daerahnya masing-masing. Selanjutnya apabila dalam kondisi sakit yang cukup berat tentunya akan di rujuk ke RSUD Puruk Cahu.Kartu Mura Sehat ini segara akan di distribusikan ke 10 kecamatan dan 115 desa yang ada di kabupaten seiring denagan Lounching Kartu Mura Cerdas pada (1/10) mendatang. Di himbau juga kepada masyarakat kepada warga yang belum terdata di harapkan partisipasinya untuk melaporkan kepada aparat desa seperti Ketua RT,Kepala Desa, Lurah dan Camat untuk menyerahkan data supaya mempermudah pihak Dinas Kesehatan melakukan perekaman data warga penerima Kartu Sehat yang masuk dalam data base jelas Suria Siri yang dulunya menjabat Direktur RSUD Puruk Cahu tersebut.

Di akhir Dialog kedua Dinas yang erat sekali keterkaitan dengan program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Mura 2013 – 2018 itu. Mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat Mura untuk terlibat aktif dalam program Mura Sehat dan Mura Cerdas. Program Brilian yang sasarannya adalah masyarakat secara langsung apabila tidak di manfaatkan secara optimal tentunya akan berdampak merugikan kepada masyarkat itu sendiri maupun juga kepada pemerintahkarena ketidak aktifan masyarakat dalam kelancaran program dimaksud. Garis besar dari benang merah yang perlu di garis bawahi oleh seluruh elemen Mura Emas 2030 hanya dapat terwujud apabila terjadi interaksi yang baik dari seluruh lapisan masyarakat. Intinya aparatur Pemerintahan , steak holder, dan masyarakat bahu membahu mensuksekan Mura Sehat, Mura Cerdas, dan Mura Emas pada 2030.(joe/Smura News)

Last modified on Monday, 23 December 2013 14:33
Read 892 times
Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

Live Streaming

Window Player Winamp Player Itunes Player Real Player Mobile Blackbarry

Facebook

News

MURUNG RAYA PROGRAM
Puruk Cahu Smura FM,- Geliat program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya 2013-2018 mulai ...
Dua Tahun Lagi, Afrika
Pada 2015 mendatang, Afrika akan mempunyai kawasan perdagangan bebas (FTA). Adalah Presiden Afrika ...
Irak Terapkan Kuota
Irak makin menanggung beban berat lantaran kebanjiran pengungsi asal Suriah. Para pengungsi Suriah, ...

Who's Online

We have 4 guests and no members online